Cara Cek IP Address Komputer / Laptop Sendiri Dengan Mudah

IP Address merupakan sebuah alamat komputer / laptop yang dapat menghubungkan dengan perangkat lain. IP Address itu sendiri memiliki 4 Blok, dan biasanya setiap Blok terdiri dari angka 0 – 255. Salah satu contoh IP Address seperti (192.168.100.1 , 10.57.38.223) , ini adalah IPv4, tak hanya itu saja IP Address juga ternyata mempunyai dua bagian yakni Network ID dan Host ID. Contohnya 192.168.100.1 , dan Network ID nya adalah 192.168.100. Sedangkan untuk Host ID nya adalah 1. Untuk dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain maka Net ID nya harus sama, adapun Host ID nya harus berbeda.

Akan tetapi, tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara cek IP Address Komputer maupun Laptop sendiri. Sebenarnya banyak sekali web maupun tutorial video untuk cek IP Address tersebut, berangkat dari masalah tersebut kamipun Kutazo akan mencoba membantu anda untuk mengatasi masalh tersebut. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagi tips kepada anda mengenai “Cara Untuk Cek IP Address Komputer / Laptop Sendiri Dengan Mudah“. Ikuti langkah-langkah lengkapnya dibawah ini.

cara-cek-ip-address-kmputer-atau-laptop

1. Cara Pertama Dengan menggunakan CMD

cmd

  • CMD adalah singkatan dari command prompt, adapun cara menjalankannya yakni : Tekan atau pijit tombol windows pada keyboard secara bersamaan dengan menekan tombol R—>> kemudian ketikkan CMD –>> setelah itu klik OK. Dan jika anda menggunakan kursos mouse caranya : klik Start -–> pilih All program -–> pilih Accesoris -–> pilih RUN –-> setelah itu Ketik cmd pada window –>> yang terakhir Klik Ok,
  • Jika muncul keterangan yang berisi “cmd.exe” –>> maka ketikan “ipconfig” pada kolom perintah –>> kemudian tekan enter (maka akan terihat IP Address Komputer / laptop anda),
  • Maka seharusnya anda sudah mengetahui IP Address perangkat PC yang digunakan.

2. Cara yang kedua Dengan Menggunakan Website

Apabila cara yang pertama dianggap terlalu sulit, maka anda dapat menggunakan atau memanfaatkan sebuah website yang dapat membantu anda untuk cek IP Address Komputer / Laptop yang digunakan. Adapun alamat web tersebut adalah http://ipaddress.com/.

 

Tinggalkan komentar